BIDADARIKU, HASIL POTENSI DESA YANG MEMBUTUHKAN PERHATIAN PEMERINTAH

  • Sep 30, 2024
  • PKL UIN MATARAM 2024/FDIK/PRODI KPI

Giri Tembesi – Potensi perkebunan kapas di Dusun Gumisa, Desa Giri Tembesi Gerung yang begitu besar, mencapai kurang lebih sekitar 300 hektare. Membuatnya dilirik untuk menjadi penghasil bahan baku sandang oleh para pelaku industri fashion, untuk ajang-ajang bergengsi, seperti Indonesia Fashion Week.

Bidadariku adalah salah satu nama brand yang dihasilkan oleh Perkebunan kapas yang ada di Desa Giri Tembesi, Mbak Dina (Pemilik Brand Bidadariku) “dari dulu belum ada yang berani menanam kapas sendiri jadi harus di beli dari india, beliau berinisiatif untuk menghasilkan kapas sendiri, hanya saja yang menghambat ini adalah kendala biaya, Perkebunan kapas ini membutuhkan biaya pemerintah untuk membeli alat yang modern, juga untuk mengembangkan petani kapas harus dengan membangun kelompok petani kapas.

Proses pengolahannya yang sangat membutuhkan wktu yang sangat lama yang mengkibatkan produksinya membutuhkan alat yang canggih dan modern, juga membutuhkan sumber daya manusia yang mahir untuk melanjutkan pengolahannya, cara menanam dan merawatnya pun tidaak membutuhkan biaya dan tenaga yang berat hanya saja Ketika pembuatannya yang membutuhkan alat yang modern.