Mahasiswa KKP Desa Giri Tembesi Sukses Membantu Pelaku UMKM Untuk Mendapatkan Sertifikat Halal

  • Jul 29, 2024
  • Admin Desa Giri Tembesi

Lombok Barat- Mahasiswa KKP UIN Mataram Membantu pelaku UMKM Di Desa Giri Tembesi untuk mendapatkan sertifikat halal dalam rangka Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) yang di laksanakan Di Desa Giri Tembesi, (selasa/2/2024) 

 

Desa Giri Tembesi adalah salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Gerung yang banyak masyarakatnya menjadi petani, peternak dan sebagian menjadi pelaku UMKM. 

Desa Giri tembesi memiliki banyak sekali potensi yang bisa diperkenalkan ke ranah nasional bahkan sampai internasional. Mulai dari potensi wisata, penenun kain dan beberapa UMKM yang sudah berjalan.

Salah satu UMKM yang sangat terkenal di desa Giri tembesi yaitu Tape (Poteng) dan Keripik Singkong. Dalam rangka membantu pelaku UMKM, kami dari KKP UIN Mataram siap untuk membantu dalam pembuatan sertifikat Halal, supaya UMKM ini bisa memiliki legalitas dan bisa dijual ke tempat besar seperti mini market, dan toko toko besar lainnya. 

Sertifikat halal adalah proses resmi yang dilakukan untuk memastikan bahwa produk makanan, minuman, kosmetik, obat-obatan, dan barang-barang lainnya memenuhi standar hukum Islam. Di berbagai negara, proses sertifikasi ini biasanya dilakukan oleh lembaga yang diakui pemerintah atau badan khusus yang menangani sertifikasi halal.

 

Banyak negara, termasuk Indonesia, sedang memperbarui regulasi terkait sertifikasi halal untuk meningkatkan transparansi dan memperluas jangkauan sertifikasi. Di Indonesia, misalnya, Undang-Undang Jaminan Produk Halal (JPH) yang baru-baru ini direvisi bertujuan untuk memperkuat sistem sertifikasi halal.

Beberapa lembaga sertifikasi halal kini menawarkan platform digital yang mempermudah pelaku usaha dalam mengajukan permohonan sertifikasi. Ini termasuk pendaftaran online, konsultasi virtual, dan pengawasan berbasis teknologi.

Untuk itu sertifikat halal ini bisa dikatakan wajib karna bisa mempermudah pelaku UMKM dalam penjualan produk dan penyebarannya. 

Banyak sekali UMKM yang berjalan di Desa Giri Tembesi tapi ada beberapa pelaku UMKM yang bersedia untuk kita bantu dalam pembuatan sertifikat halal. Salah satunya ibu Aryani Dan Bapak Muttakin yang berlokasi di Dusun Pendem Baru. Pembuatan sertifikat halal ini sudah kita laksanakan pada hari rabu 23 Juli 2024. Pembuatan sertifikat halal ini langsung dipandu oleh pihak halal center UIN Mataram Yang diwakili oleh ibu Bq Nita M.H.