Mahasiswa KKP Uin Mataram & Uin SGJ Bandung Ikut Menyukseskan Perogram Siaga Bencana Di Desa Giri Tembesi

  • Jul 30, 2024
  • Admin Desa Giri Tembesi

Giri Tembesi- Senin 29 Juli 2024, Mahasiswa KKP UIN Mataram & UIN SGD Bandung ikut berpartisipasi dalam program siaga bencana yang langsung di sosialisasikan di kantor Desa Giri Tembesi dan dipandu langsung dari stap ahli Basarnas Lombok Barat. 

INCIDENT adalah peningkatan ketangguhan melalui adaptasi perubahan iklim dan pengurangan resiko bencana, kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam siap dan siaga apabila terjadi bencana alam seperti gempa, banjir dan lain sebagainya. 

Masyarakat di ajar dari tanda-tanda akan adanya bencana alam dan cara mengendalikan diri dalam melakukan pertolongan dalam siaga gempa, bagaimana cara kita menangani korban yang terluka, patah tulang sampai meninggal dunia. 

Kita juga di ajarkan tentang T31I yaitu cara penyelamatan bagi korban bencana yang dimulai dari t1 tekan untuk mencari denyut nadi, t2 yaitu tinggikan badan korban supaya darahnya mengalir dan t3 yaitu tekan pada titik tekan tempat mencari detak nadi misalnya di leher, lengan dan kaki. 

Kita juga diajarkan cara mengangkat korban gempa dengan alat yang seadanya misalnya pakai tangan kosong untuk mengangkatnya dan menggunakan tandu dalam mengangkat korban bencana. Banyak lagi yang bisa kita pelajari bersama untuk bersiaga dalam bencana alam.